Amelia Ong Luncurkan Single Terbarunya Bertajuk Ibu

Event

FOTOSELEB.COM - Menyambut Hari Ibu tanggal 22 Desember 2017, Amelia Ong memberikan suatu lagu persembahan untuk seluruh ibu dimanapun berada dengan meluncurkan single terbarunya yang berjudul “”IBU”.

Lagu ini merupakan hasil karya kolaborasi Amelia Ong dengan Andre Dinuth, Gitaris session paling laku saat ini di Nusantara. Suara merdu khas Amelia berpadu dengan petikan gitar Andre Dinuth membuat lagu ini penuh warna, ditambah dengan alunan alat musik flute dan accordion. Lagu yang bernuansa Folk Country ini terdengar apik, menceritakan tentang kasih ibu dan janji seorang anak atas cinta yang telah diberikan oleh sang ibu.

“Lagu ini saya ciptakan benar-benar saya percaya bahwa  semua dari kita itu diciptakan dari cinta, makanya saya tulis di lagu itu berawal dari cinta yang bersemi. Setelah kita dilahirkan terucaplah sebuah janji dari seorang ibu dan dia berikan hidup dan matinya untuk anaknya,” ujar Amelia Ong, saat peluncuran single albumnya di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Minggu (17/12/2017).

Pertemanan diantara keduanya membuat mereka sering jamming bareng di sela waktu luangnya. Andre yang sedang bertandang ke rumahnya mengatakan bahwa dia punya stock lagu. Hal inipun disambut Amelia bahwa dirinya memang ingin menciptakan sebuah lagu, tetapi bukan cinta seseorang kepada lawan jenis, namun tentang cinta seorang ibu.

Proses pembuatan lagu inipun cukup singkat, hanya sekitar 10 menit Amelia mampu menyelesaikan lyricsnya karena sebelumnya memang dia sudah tahu lagu itu bertemakan tentang ibu.

“Karena lyrics dan hook nya banyak kata-kata ibu, maka dipilihlah judul “IBU” biar gampang diingat. Lagu ini juga terinspirasi dari ibu saya, dimana seorang ibu cintanya teramat besar sampai dia rela mencurahkan cinta terbesarnya untuk anaknya,” tambahnya.

Glenn Fredly selaku perwakilan dari Bumi Entertainment yang menaungi Amelia saat ini, mengatakan bahwa “Amel adalah seorang yang talented, saat baru pertama kali bertemu saya sudah bisa melihat talentanya. Dia punya kharakter yang kuat dan  kualitas bermusik khususnya dimana jazz yang membesarkan dia,” ujarnya.

Untuk diketahui, Amelia Ong, kelahiran Purwokerto dan bernama lengkap R. Rr. Amelia Tri Wardani, tumbuh dan dibesarkan dalam keluarga pemusik. Ia mulai berlatih vokal, memainkan saxophone dan mengikuti les piano klasik sejak usia 4 tahun. Ayahnya, seorang pencinta musik jazz, yang pertama kali mengajarkannya bermain saxophone. Sedangkan guru pianonya di rumah adalah kakaknya sendiri. Sejak usia dini itu Amelia kecil sudah sering tampil di panggung-panggung lokal, seperti misalnya pada acara-acara pernikahan, sampai merambah ke kota Semarang.

Pada usia 11 tahun, Amelia pindah ke Jakarta. Ia tinggal bersama Bertha, penyanyi dan guru vokal. Selain menimba banyak ilmu olah vokal diakui oleh Amelia kalau sosok Bertha ini lebih mengarahkannya untuk tetap di jalur jazz, karena bagi Amelia sendiri kecintaannya pada jazz telah ditumbuhkan oleh Ayahnya sejak dini.

Selain menjadi guru, Bertha juga memperkenalkan Amelia dengan musisi-musisi jazz papan atas saat itu, antara lain Idang Rasjidi dan Yance Manusama. Perkenalan itu membawa Amelia kepada kesempatan untuk tampil bersama musisi jazz di Jakarta pada beberapa festival jazz bergengsi antara lain Jazz Goes to Campus (JGTC) pada tahun 2003 dan Java Jazz Festival pada tahun 2003 dan 2004. Penampilan artistik di Bogor Jazz Reunion 2014 .

Tahun 2006, Amelia pindah ke Perth, Australia. Menamatkan pendidikan SMA-nya disana dan melanjutkan pendidikannya ke Western Australian Academy of Performing Arts (WAAPA). Ia menamatkan pendidikannya pada level Bachelor of Music, mayor pada Jazz Performance, pada tahun 2009.

Pada periode 2007 – 2009, selain sibuk dengan urusan kuliah, Amelia bergabung dengan kelompok orkestra West Australian Youth Jazz Orchestra (WAYJO). Saat inilah ia mempersingkat namanya menjadi Amelia Ong mengingat seringnya kesalahan pelafalan nama belakang saat di panggil untuk tampil ke panggung.

Amelia tinggal di Australia selama 8 tahun. Meniti karir musik disana mulai dari kuliah, tampil pada berbagai penampilan bersama musisi jazz Australia seperti Joe Chindamo, Daryl Somers, James Morrison, termasuk tampil pada festival jazz bergengsi disana, sebut saja Wangaratta Jazz Festival pada tahun 2009, sampai akhirnya memutuskannya untuk kembali ke tanah air. Keputusan ini diambil setelah melihat dan mencermati perkembangan musik jazz di tanah air, yang menurut penilaiannya, demikian pesat.

Kembali ke tanah air, kembali bertemu dengan teman-teman lamanya sesama musisi jazz, tampil pada berbagai pementasan jazz, termasuk pada festival jazz Bogor Jazz Reunion, itulah yang Amelia lakukan setibanya di tanah air. Salah satu pencapaian Amelia setelah selama 2,5 tahun tinggal kembali di tanah air adalah dengan di rilis album bertajuk nama dirinya sendiri pada penghujung tahun 2015.

Album pertamanya penuh dengan tema cinta ini juga di bantu oleh beberapa musisi jazz tanah air, sebut saja Sri Hanuragakeys, Kevin Yosuaakustik bass, Rafidrums dan Dennis Junotenor sax.

Perjalanan  karirnya sebagai musisi jazz dibuktikan dengan mendapatkan nominasi AMI Award untuk Album Jazz Terbaik dan Nominasi AMI Award untuk kategori Artis Jazz Vokal Terbaik. Bahkan di tahun 2017 lalu ia berhasil mendapatkan penghargaan AMI Award untuk Karya Produksi Lagu Berlirik Spriritual Nasrani Terbaik.

Tak heran jika Musisi jazz senior, Idang Rasjidi, menggambarkan musik yang disuguhkan Amelia sebagai jazz seutuhnya, Rasanya tak berlebih bila Amelia Ong telah memberikan warna dan kontribusi penting bagi perkembangan musik jazz Tanah Air.

Selain sebagai seorang solois sekaligus penulis lagu yang sangat visioner yang mengerti cara meramu komposisi nomor jazz hingga dapat dinikmati semua kalangan, Penyanyi cantik ini dikenal sebagai penggemar berat seni bela diri campuran atau yang lebih dikenal dengan Mix Martial Arts (MMA).

 

 


Foto Terkait