Sendratari “Genta Sriwijaya” Segera Digelar

Event

FOTOSELEB.COM - Sekar Ayu Jiwanta Foundation mempersembahkan “Genta Sriwijaya” yang akan digelar 20 November 2018 mendatang di Teater Besar Jakarta Taman Ismail Marzuki.

Genta Sriwijaya merupakan cerita sejarah yang dikemas dalam bentuk pagelaran seni modern, gabungan antara seni tari, musik, teater dan komedi yang dipadukan dengan tata panggung, tata cahaya serta permainan multimedia yang menampilkan cerita sejarah Indonesia sehingga bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pentas ini menjadi pentas yang ditunggu-tunggu karena diramaikan oleh deretan artis ternama juga pekerja seni yang sudah banyak melakukan pementasan dan berbagai seni peran, seperti: Andrea Miranda, Daniel Christianto, Ruth Sahanaya, Ivy Batuta, Inaya Wahid, Yenny Wahid, Bambang Pamungkas, Cathy Sharon, Ncess Nabati, Sogi Indra Dhuaja, Deasy Novianty. Serta didukung oleh para seniman yang telah mendedikasikan hidupnya pada kesenian seperti Denny Malik sebagai Creative & Show Director, Kenthus Ampiranto sebagai Director, Rangga Djoned sebagai Art Director dan Tohpati sebagai Music Director.

Selain mengajak masyarakat Indonesia untuk melestarikan budaya lewat sebuah pagelaran seni, Genta Sriwijaya juga mengingatkan kembali akan sejarah kebesaran bangsa Indonesia.

Semua ini untuk mengajak orang agar peduli melestarikan budaya salah satunya adalah melibatkan public figure, oleh karena itu pada pagelaran ini banyak melibatkan nama-nama besar dari dunia seni untuk menyampaikan pesan moral tersebut dalam pagelaran Genta Sriwijaya.

Dengan durasi 1,5 jam, Genta Sriwijaya akan menggabungkan peristiwa yang terjadi saat ini dengan searah di masa lalu. Melalui tata panggung, multimedia dan cahaya yang ditata sedemikian rupa, Genta Sriwijaya akan membawa penonton larut dalam alur cerita. Tidak hanya secara penglihatan namun juga secara imajinasi.

Kenthus Bharata sebagai Director mengatakan sangat bangga mendapat kepercayaan untuk menggarap Genta Sriwijaya. “Meskipun menceritakan tentang sejarah, pagelaran ini dikemas secara modern dari mulai musik, tarian, kostum, tata panggung juga video mapping yang sangat luar biasa. Saya yakin pagelaran ini sangat cocok ditonton oleh anak muda mengingat sejarah kebesaran bangsa Indonesia untuk wawasan generasi saat ini”. Ungkap Kenthus, saat jumpa pers di The Pallas, kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (8/11/2018)

Begitupun dengan Denny malik yang didaulat sebagai Creative Director mengaku ingin sekali menampilkan seni tari tradisi yang selalu dapat di-explore dengan kekinian tanpa menghilangkan pakem yang ada supaya menjadi hiburan yang menarik dengan latar sejarah abad masa lalu yang pernah ada.

Sedangkan Tohpati yang akan menjadi Music Director mengaku sangat senang karena ini merupakan pengalaman pertama dirinya mengiringi sendratari dengan orkestra bernuansa budaya Indonesia.

Selain akan membawa kita berwisata sejarah ke masa lalu. Pagelaran Genta Sriwijaya juga mengajak kita peduli. Melalui Sekar Ayu Peduli akan mendonasikan hasil keuntungan yang diperoleh dari pagelaran Genta Sriwijaya untuk membantu pendidikan anak-anak yang kurang mampu di Sumatera Selatan.

Pagelaran ini didukung oleh Komunitas Pencinta Seni Indonesia dari berbagai kalangan dan profesi.


Foto Terkait