IDCO Berkolaborasi Dengan Ananda Sukarlan Dalam Pagelaran Tari Untukmu Indonesiaku

Event

FOTOSELEB.COM – Setelah sukses menyelenggarakan Pagelaran tari bertajuk “We Dance” diawal berdirinya IDCO pada tahun 2016, disusul “Danceventure” pada tahun 2017, kemudian “Its… Showtime” pada tahun 2018, Indonesia Dance Company (IDCO) dibawah pimpinan Claresta Alim kembali menggelar sebuah maha karya bertajuk “Untukmu Indonesiaku” yang akan diselenggarakan di Gedung Kesenian Jakarta, 27 - 29 September 2019 mendatang. 

"Indonesia tidak kalah hebat dengan negeri lain dan Indonesia kaya sekali akan budayanya. Namun saat ini, generasi muda kurang bisa menghargai budaya kita sehingga kami mengemas budaya Indonesia  kedalam sebuah tarian," kata Claresta Alim, pendiri IDCO, saat jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Pertunjukan kali ini khusus dipersembahkan sebagai bentuk dan cinta terhadap seni dan budaya Indonesia. IDCO akan membawakan beberapa tarian tradisional  Indonesia, seperti Malin Kundang, Belian Lawangan, dan beberapa tarian tradisional lainnya. "Kurang lebih kita akan menampilkan sekitar tujuh sampai sepuluh tarian," kata Jonatha Pranadjaja sebagai Ballet Mistress.

Ananda Sukarlan, seorang komponis kenamaan juga diajak berkolaborasi pada pementasan kali ini. Ada pula beberapa tim lainnya seperti Leonny Ariesa sebagai Managing Director dan para koreografer yang ahli di bidangnya seperti Frank, Siko Setyanto, Siti Soraya, dan Michael Halim.

Untuk pagelaran tahun ini yang mengambil tema “Untukmu Indonesiaku”, Ananda Sukarlan menggarap musik di tarian Malin Kundang, yang terinspirasi dari cerita rakyat Malin Kundang.

"Baru pertama tadi saya melihat cuplikan tariannya. Sangat menjanjikan sekali lihat koreografinya, saya sebagai komposer yang biasa berkarier di luar negeri, elemen budaya Indonesia wajib ada di karya-karya saya. Kita punya banyak sekali kekayaan budaya, untuk tarian Malin Kundang ini ada beberapa bagian musik yang saya ambil dari lagu Gelang Sipaku Gelang. Elemennya dipakai tapi saya kemas lagi," kata Ananda Sukarlan.

Seperti pagelaran sebelumnya yang konsisten mengangkat seni dan budaya Indonesia yang digabungkan dengan teknik balet kontemporer dan modern. Pada kesempatan kali ini lewat “Untukmu Indonesiaku,” Indonesia Dance Company (IDCO) kembali mengangkat sepenggal cerita rakyat Indonesia yang mungkin telah banyak terlupakan generasi muda.


Foto Terkait