Denny Malik dan Kiprahnya di Ranah Seni Pertunjukan Indonesia

Selebriti

FOTOSELEB.COM – Lama tak muncul di layar kaca, sosok dan nama Denny Malik kembali menyita perhatian publik dunia setelah sukses menjadi  koreografi Tari Ratoh Jaroe yang dibawakan 1.600 penari dari 18 SMA se-DKI Jakarta pada opening ceremony Asian Games 2018  di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 18 Agustus 2018 tahun lalu.

“Timbul kebanggaan saat Tari Saman yang dibawakan para pelajar menjadi opening ceremony di event besar ajang olahraga wilayah Asia itu,” kata Denny Malik saat ditemui di Warunk Sorabi  miliknya, di Jl. Pangkalan Jati I, Gandul, Cinere, Jakarta Selatan belum lama ini.

Hanya berselang beberapa bulan, tepat 9 Desember 2018, pria kelahiran 18 Februari 1963 ini dipercaya Kemendikbud RI sebagai Art Director serta Show Director dalam perhelatan akbar  Peringatan 100 Tahun Konggres Kebudayaan Indonesia.  Sekitar 5000 penari profesional dan pelajar SMA mengikuti Pawai  Kebudayaan “Pusaran Daya Nusantara

“Ini sebenarnya membuka kembali mata kita, betapa luar biasanya budaya tari dan musik tradisional Indonesia. Ini penting sekali agar membuka  mindset anak muda mencintai budayanya sendiri,” ucap pelantun lagu “Jalan Jalan  Sore” ini.

Koreografer, art director juga show director ini kembali dipercaya Kemendikbud dalam program “Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS)” Denny menyebutkan ada 20 pelajar SD - SMA mewakili 30 Provinsi di Indonesia akan digabungkan dalam pertunjukkan seni kolosal pada Oktober mendatang di Istora Senayan.

“Kurang lebih 600 pelajar akan menyuguhkan kolaborasi musik tradisional dan tari tradisional dalam kemasan kekinian.” ucap suami Mira Natalia ini

Denny punya anggapan di Indonesia,  dunia seni dan olah raga ada di tingkatan profesi dipaling bawah. Dia mengibaratkan  seperti dianak tirikan, padahal bangsa yang besar itu kuat di budaya dan olah raganya.

“Negara-negara seperti Cina punya rasa kebanggaan yang besar karena seringkali  juara Olimpiade dan event besar dibidang olahraga lainnya. Begitu juga halnya dengan Jepang yang dikenal kuat menjaga tradisi budayanya, dan beberapa negara lainnya,” kata salah satu kurator “100 of Calender Event Wonderful Indonesia 2019” Kementerian Pariwisata RI ini.

Meski begitu tidak menyurutkan kecintaan Denny pada kekayaan budaya dan tradisi Indonesia. Ada kebanggaan sendiri bagi Denny bisa membawakan seni tradisi Indonesia hingga ke mancanegara.

“Jangan sampai hilang budaya dan tradisi bangsa Indonesia. Budaya kita sangat dikagumi orang luar dan tidak dimiliki negara lain. Itulah Indonesia yang harus kita cintai dan kita banggakan,” ucap Denny mengakhiri.


Foto Terkait