Konser Daring Istimewa Jonathan Kuo & Friends membawakan karya komponis yang pernah tinggal dan berkarir di Leipzig

Event

FOTOSELEB.COM - Dua konser daring Jonathan Kuo,‘The Russians Connections’ dan The Great Three 'B' telah sukses digelar. Kali ini pianis kebanggaan Indonesia kembali menunjukan karya-karya kolosal komponis besar dunia.

Jonathan akan tampil dalam program virtuosik membawakan karya komponis yang pernah tinggal dan berkarir di Leipzig, Jerman. Yaitu, dua komponis (di paruh awal abad XIX), Robert Schumann (Symphonic Etudes, Op. 13) dan Felix Mendelssohn (Trio for Piano, Violin & Cello, Op 49).

”Keduanya adalah komposer Jerman yang terkenal. Alasan lain mengapa saya memilih keduanya adalah meski tinggal di daerah yang sama, mereka menunjukan karakter yang berbeda,” jelas Jonathan.

Sesuai dengan tema, Jonathan mengangkat ‘In Leipzig’ sebagai penampilan ketiganya di tahun 2021. Penampilan pria yang akrab disapa Jo ini bisa disaksikan melalui kanal Youtube Jakarta Sinfonietta, Jum’at 1 Oktober pukul 20.00 WIB (premiere).

Berbeda dengan penampilan sebelumnya, Jonathan akan tampil bersama dua rekannya dari Bandung dan juga anggota Jakarta Sinfonietta. Mereka adalah Ahmad Ramadhan (pemain biola) dan Dani K Ramadhan (pemain cello).

”Dua teman saya ini memang musisi yang luar biasa dan berdomisili di Bandung. Sehingga mudah melakukan kolaborasi. Kami sudah sering berkolaborasi bersama,” aku Jonathan lagi.

Dibawah bimbingan Iswargia R Sudarno dari Konservatorium Musik Jakarta, Jonathan mulai berlatih sejak dua bulan yang lalu. Menurut Jonathan karya yang dibawakannya nanti penuh tantangan dan termasuk karya yang sulit.

”Karya Felix Mendelssohn dan Robert Schumann sangat jarang dimainkan di Indonesia. Jadi jangan terlewatkan untuk menyaksikan karya-karya mereka yang akan saya mainkan nanti,” ajak Jonathan.

Selama mendampingi Jonathan berlatih, Iswargia menjelaskan bila anak didiknya sangat mencintai karya komponis besar. ”Salah satu komponis favorit Jonathan adalah Robert Schumann, yang dulu pernah tinggal di Leipzig,” jelas Iswargia.
”Leipzig merupakan kota penting dalam perkembangan musik di awal Abad XIX, disamping Wina, Paris, dan London. Mendelssohn yang banyak berkarir di sana merupakan tokoh penting dalam perkembangan musik di kota itu,” ujarnya menambahkan.

Saat penampilannya nanti, Jonathan & Friends akan menyuguhkan karya apik sekitar 90 menit. ”Program utama yang berbeda dengan konser sebelumnya adalah, dalam konser ini ada karya musik kamar yaitu Piano Trio No 1 karya Mendelssohn,” sebut Iswargia.

Melihat konsistensi Jonathan dalam mempelajari dan mengenalkan karya-karya komponis besar menjadi kebanggaan tersendiri bagi Iswargia.   

”Saya sebagai guru untuk memperkenalkan lebih jauh lagi komponis ternama lain yang memberi pengaruh terhadap perkembangan musik Barat, agar wawasan, pengetahuan, serta inspirasi Jonathan pun semakin luas dan terbuka,” pungkas Iswargia.


Foto Terkait