Pelangi Nusantara Sebuah Lagu Persembahan Arseri Music Di Hari Cinta Puspa Dan Satwa Nasional

Event


Warna-Warni Khatulistiwa
Ragam Suara, Ragam Makna
Warna-Warni Indonesia
Ragam Rasa, Ragam Cita
Namun Satu Hati 
Tuk Pelangi Nusantara

FOTOSELEB.COM- Sepenggal lirik lagu ‘Pelangi Nusantara’ produksi Arseri Music sengaja dirilis di tanggal 5 November 2021 sebagai bentuk persembahan dalam merayakan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Tanggal 5 Novembet ditetapkan sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) oleh Presiden Soeharto sesuai dengan Keppres No.4 Tahun 1993 dan menjadi salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tujuan ditetapkannya tanggal ini sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional agar masyarakat dapat meningkatkan kepedulian, perlindungan, dan pelestarian puspa dan satwa nasional.

Lagu ini diciptakan oleh Muthia Zahra Feriani di tahun 2012, kemudian di tahun 2014-2015 untuk pertama kalinya lagu ini digubah oleh musisi yang juga produser dari Arseri Music, Khalishah Isyana. Di tahun 2017 lagu ini sempat dibawakan oleh kelompok orchestra mahasiswa, ITB Student Orchestra. Kemudian di tahun 2019 Khalishah Isyana menggubah ulang lagu ini kembali dengan statement baru dan berkolaborasi dengan Budapest Scoring Orchestra.
 
“Kalau kebanyakan lagu nasional yang pernah aku kenal dan nikmati membahas tentang keragaman manusia dan budayanya, kali ini aku mencoba untuk menyuarakan hal yang di luar itu yaitu betapa keragaman Indonesia juga berangkat dari kayanya jenis flora, fauna, dan alamnya. Betapa Indonesia sekaya ini. Itu semua aku ungkapkan melalui setiap bunyi yang ada di dalam lagu ‘Pelangi Nusantara’. Semoga bisa menjadi salah satu lagu nasional yang turut memberikan perspektif baru tentang rasa syukur pada keragaman makhluk hidup ciptaan-Nya. Semoga dengan rasa syukur itu pula kita akan turut untuk terus menjaga kelestariannya.”

Menggandeng penyanyi Amira Karin, Arseri Music berharap penikmat musik Indonesia bisa memaknai lagu ‘Pelangi Nusantara’ dengan rasa bangga hidup di bumi Indonesia dan tentu saja ikut merayakan Hari Puspa dan Satwa Nasional bersama-sama.

Lagu ini bisa didengarkan di Spotify, Apple Music, Joox, dan digital streaming platform lainnya mulai tanggal 5 November 2021.


Foto Terkait